MAKALAH: YOUTUBE SEBAGAI SARANA PROMOSI DAERAH TERPENCIL
MAKALAH
YOUTUBE SEBAGAI SARANA
PROMOSI DAERAH TERPENCIL
KATA PENGANTAR
Puji
Syukur kehadirat Allah S.W.T karena dengan rahmat dan hidayah-Nya sehingga
penyusunan makalah Ilmu Sosial Dasar yang berjudul “Youtube Sebagai Sarana
Promosi Daerah Terpencil” ini mendapatkan kemudahan dan kelancaran serta dapat
diselesaikan pada waktunya.
Sangat disadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan penelitian ini banyak
ditemukan kendala dan kesulitan. Namun berkat bantuan dan bimbingan dari
berbagai pihak, Alhamdulillah semuanya dapat teratasi dengan baik.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang Masalah
Banyak
sekali daerah di Indonesia yang tertinggal karena kurangnya perhatian dari
pemerintah setempat yang berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakatnya,
padahal daerah tersebut memiliki sumber daya alam yang tersembunyi dan dapat
dieksploitasi agar bisa dikembangkan sebaik-baiknya.
Pemerintah
Indonesia hanya terfokus untuk mengembangkan daerah yang sudah terkenal seperti
bali dan Jakarta, padahal masih banyak daerah yang memiliki pontensi untuk
dapat berkembang, saat ini internet mungkin sudah tersebar luas ke seluruh
Indonesia namun tidak untuk daerah terpencil, karena itulah peran kita sebagai
pengguna di daerah yang sudah mendapatkan akses internet untuk menggunakannya
sebaik-baiknya sebagai sarana untuk membantu meningkatkan taraf ekonomi di
daerah tersebut.
1.2.
Maksud dan Tujuan
Adapun
maksud dan tujuan penulisan ini untuk mengamati dan memberikan penyajian data
yang diharapkan dapat dipergunakan seefisien mungkin bagi pihak-pihak yang
membutuhkannya untuk dapat mengambil suatu keputusan atau kebijakan yang dapat
membangun kesejahteraan masyarakat didaerah terpencil.
Sendangkan
tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dampak positif apa yang dapat
diberikan sarana media seperti Youtube untuk mempromosikan daerah-daerah
terpencil di Indonesia dan mengaplikasikannya pada waktu yang akan datang.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Youtube
Youtube
adalah media share video yang digunakan penggunanya untuk membuat konten berupa
video. Youtube juga dapat menjadi profesi bagi seseorang karena dari youtube
kita dapat menghasilkan uang jika video yang dibuat dapat viral dan menarik
perhatian penontonnya.
Youtube
memiliki beberapa manfaat lain salah satunya adalah sebagai suatu sarana promosi
dan pemasaran yang dapat berdampak besar bagi para penggunannya, hal ini
dikarenakan youtube sendiri tidak hanya memiliki skala nasional melainkan skala
internasional.
2.2. Pengertian Daerah Terpencil
Daerah
terpencil merupakan daerah yang mendapat giliran terakhir untuk dapat mengakses
teknologi. Hal ini disebabkan oleh biaya pengiriman yang sangat tinggi dan
pendistribusian yang sangat rumit. Masalah ini dapat menyebabkan rendahnya
ekonomi didaerah tersebut dan dapat mengakibatkan kemiskinan penduduk.
Daerah
terpencil menjadi sangat tertinggal karena kurangnya perhatian pemerintah
setempat dan tidak tereksplornya potensi sumber daya alam yang ada di daerah
tersebut.
2.3. Youtube Sebagai Sarana Promosi Daerah
Terpencil
Youtube
sebagai sarana promosi dan pemasaran yang strategis, karena youtube memiliki
konten yang lebih menarik dari pada teks dan youtube juga dapat menekan budget
promosi dan pemasaran, hal ini dapat diaplikasikan untuk daerah terpencil
misalnya:
·
Promosi Tiket Traveling Sebuah Daerah
Di youtube banyak sekali
promosi tiket traveling secara online melalui konten berupa video, hal ini
pasti akan sangat membantu untuk melakukan promosi dan pemasaran sebuah daerah
yang terpencil.
·
Membuat Video Tentang Keindahan Alam Di Daerah Tersebut
Kurang tereksplornya
keindahan alam sebuah daerah merupakan salah satu faktor tidak berkembangnya
daerah tersebut, dengan membuat video tersebut dan mensharenya diyoutube ini
akan membantu proses promosi daerah tersebut dan pastinya akan menjadi pusat
perhatian bagi pemerintah dan wisatawan agar wilayah tersebut dapat berkembang.
2.4. Manfaat Youtube Sebagai Sarana
Promosi Daerah Terpencil
Youtube
sebagai media promosi memiliki manfaat sebagai berikut :
·
Menekan budget yang berlebih untuk mempromosikan suatu daerah.
·
Semua orang yang memiliki akses internet dapat turut ikut serta membantu untuk
mempromosikan daerah-daerah terpencil di Indonesia.
·
Meningkatkan taraf ekonomi suatu wilayah.
·
Mengatasi kemiskinan penduduk di daerah terpencil.
BAB III
PENUTUP
3.1. Kesimpulan
Youtube
sebagai media yang digunakan untuk menshare konten berupa video juga dapat
digunakan untuk membantu permasalahan kemiskinan didaerah terpencil dengan cara
mempromosikan dan memasarkan melalui media tersebut, apabila hal tersebut dapat
diaplikasikan dengan baik pastinya akan berdampak positif bagi masyarakat di
daerah tersebut.
3.2. Saran
Ada
baiknya tidak hanya pemerintah yang turut ikut untuk mengembangkan daerah
terpencil, kita sebagai seseorang yang memiliki akses lebih dibandingkan
masyarakat daerah terpencil ikut membantu untuk mepromosikan dan memasarkannya.
DAFTAR PUSTAKA
Comments
Post a Comment