Design Aplikasi Android: Mengenal Profesi

Pada tulisan kali ini saya akan menjelaskan tentang ide dari rancangan aplikasi e-learning yang berjudul "Mengenal Profesi". Penulisan ini sendiri bertujuan untuk memenuhi tugas yang sudah diberikan oleh dosen matakuliah softskill Ibu Atika Laras Paramita.

Design dari aplikasi ini dirancang oleh kelompok 1 dengan anggotanya yaitu :

1. Afzal Arifiansyah
2. Almaida Zulfani
3. Ahmad Zaki Yamani
4. David Arviando
5. Dzikri Syafi Auliya
6. Melvin Alvaro Alfatah

Ide dan gagasan yang diberikan untuk merancang aplikasi ini sangatlah beragam salah satunya adalah ide yang saya berikan yaitu materi pembelajaran yang menarik dan mudah untuk dimengerti.

Design dari aplikasi e-learning yang kami buat berjalan pada platform Android, berikut ini adalah tampilan dari aplikasi tersebut :



Aplikasi e-learning ini ditujukan untuk anak berusia 5 tahun yang dimana dalam pembelajarannya haruslah menarik dan interaktif untuk anak seusia mereka, maka dari itu desain dalam aplikasi ini haruslah penuh dengan animasi, warna, dan penjelasan yang sederhana agar mudah dimengerti. Aplikasi ini terdiri dari 3 poin utama :

1. Yuk Belajar
Pada bagian "Yuk Belajar" ini berisi materi yang nantinya bisa dibaca oleh pengguna, berupa penjelasan sederhana tentang tugas dan hal-hal apa saja yang dilakukan oleh seorang profesi tersebut. tab mari belajar tidak lain bertujuan untuk meningkatkan minat baca anak sejak usia dini.






2. Menjawab dan Bermain
Pada bagian "Menjawab dan Bermain" ini berisi kumpulan soal. Disini kami memberikan 3 variasi soal yang berbeda guna membuat tanya jawab menjadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Variasi soal digunakan agar pada saat pengguna menjawab soal pengguna tidak hanya belajar mereka juga dapat merasakan sensasi bermain games disaat menjawab soal.









3. Cek Peringkat
Pada bagian "Cek Peringkat" ini berisi tentang urutan peringkat dari pengguna yang sudah menjawab kuis pada tab sembelumnya, jika pengguna ingin mengetahui peringkatnya maka pengguna dapat membuka tab Cek Peringkat.





Itu tadi adalah penjelasan singkat tentang ide dan gagasan yang kelompok kami berikan untuk membuat design aplikasi ini. Sampai disini dulu saya mengakhiri tulisan kali ini, semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan inspirasi bagi siapa saja yang ingin membuat aplikasi yang serupa. Sekian terima kasih. 

Comments

Popular posts from this blog

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan

Algoritma Kuantum