MAKALAH: YOUTUBE SEBAGAI SARANA PROMOSI DAERAH TERPENCIL


MAKALAH
YOUTUBE SEBAGAI SARANA PROMOSI DAERAH TERPENCIL

   Hasil gambar untuk lambang gunadarma
   
KATA PENGANTAR
Puji Syukur kehadirat Allah S.W.T karena dengan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan makalah Ilmu Sosial Dasar yang berjudul “Youtube Sebagai Sarana Promosi Daerah Terpencil” ini mendapatkan kemudahan dan kelancaran serta dapat diselesaikan pada waktunya.
Sangat disadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan penelitian ini banyak ditemukan kendala dan kesulitan. Namun berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, Alhamdulillah semuanya dapat teratasi dengan baik.




BAB I
PENDAHULUAN
1.1.      Latar Belakang Masalah
Banyak sekali daerah di Indonesia yang tertinggal karena kurangnya perhatian dari pemerintah setempat yang berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakatnya, padahal daerah tersebut memiliki sumber daya alam yang tersembunyi dan dapat dieksploitasi agar bisa dikembangkan sebaik-baiknya.

Pemerintah Indonesia hanya terfokus untuk mengembangkan daerah yang sudah terkenal seperti bali dan Jakarta, padahal masih banyak daerah yang memiliki pontensi untuk dapat berkembang, saat ini internet mungkin sudah tersebar luas ke seluruh Indonesia namun tidak untuk daerah terpencil, karena itulah peran kita sebagai pengguna di daerah yang sudah mendapatkan akses internet untuk menggunakannya sebaik-baiknya sebagai sarana untuk membantu meningkatkan taraf ekonomi di daerah tersebut.

1.2.      Maksud dan Tujuan
Adapun maksud dan tujuan penulisan ini untuk mengamati dan memberikan penyajian data yang diharapkan dapat dipergunakan seefisien mungkin bagi pihak-pihak yang membutuhkannya untuk dapat mengambil suatu keputusan atau kebijakan yang dapat membangun kesejahteraan masyarakat didaerah terpencil.
Sendangkan tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui dampak positif apa yang dapat diberikan sarana media seperti Youtube untuk mempromosikan daerah-daerah terpencil di Indonesia dan mengaplikasikannya pada waktu yang akan datang.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1.      Pengertian Youtube
Youtube adalah media share video yang digunakan penggunanya untuk membuat konten berupa video. Youtube juga dapat menjadi profesi bagi seseorang karena dari youtube kita dapat menghasilkan uang jika video yang dibuat dapat viral dan menarik perhatian penontonnya.

Youtube memiliki beberapa manfaat lain salah satunya adalah sebagai suatu sarana promosi dan pemasaran yang dapat berdampak besar bagi para penggunannya, hal ini dikarenakan youtube sendiri tidak hanya memiliki skala nasional melainkan skala internasional.  
2.2.      Pengertian Daerah Terpencil
Daerah terpencil merupakan daerah yang mendapat giliran terakhir untuk dapat mengakses teknologi. Hal ini disebabkan oleh biaya pengiriman yang sangat tinggi dan pendistribusian yang sangat rumit. Masalah ini dapat menyebabkan rendahnya ekonomi didaerah  tersebut dan dapat mengakibatkan kemiskinan penduduk.

Daerah terpencil menjadi sangat tertinggal karena kurangnya perhatian pemerintah setempat dan tidak tereksplornya potensi sumber daya alam yang ada di daerah tersebut.
2.3.      Youtube Sebagai Sarana Promosi Daerah Terpencil
Youtube sebagai sarana promosi dan pemasaran yang strategis, karena youtube memiliki konten yang lebih menarik dari pada teks dan youtube juga dapat menekan budget promosi dan pemasaran, hal ini dapat diaplikasikan untuk daerah terpencil misalnya:
·         Promosi Tiket Traveling Sebuah Daerah
Di youtube banyak sekali promosi tiket traveling secara online melalui konten berupa video, hal ini pasti akan sangat membantu untuk melakukan promosi dan pemasaran sebuah daerah yang terpencil.
·         Membuat Video Tentang Keindahan Alam Di Daerah Tersebut
Kurang tereksplornya keindahan alam sebuah daerah merupakan salah satu faktor tidak berkembangnya daerah tersebut, dengan membuat video tersebut dan mensharenya diyoutube ini akan membantu proses promosi daerah tersebut dan pastinya akan menjadi pusat perhatian bagi pemerintah dan wisatawan agar wilayah tersebut dapat berkembang.
2.4.      Manfaat Youtube Sebagai Sarana Promosi Daerah Terpencil
Youtube sebagai media promosi memiliki manfaat sebagai berikut :
·         Menekan budget yang berlebih untuk mempromosikan suatu daerah.
·         Semua orang yang memiliki akses internet dapat turut ikut serta membantu untuk mempromosikan daerah-daerah terpencil di Indonesia.
·         Meningkatkan taraf ekonomi suatu wilayah.
·         Mengatasi kemiskinan penduduk di daerah terpencil.



BAB III
PENUTUP
3.1.      Kesimpulan
Youtube sebagai media yang digunakan untuk menshare konten berupa video juga dapat digunakan untuk membantu permasalahan kemiskinan didaerah terpencil dengan cara mempromosikan dan memasarkan melalui media tersebut, apabila hal tersebut dapat diaplikasikan dengan baik pastinya akan berdampak positif bagi masyarakat di daerah tersebut.
3.2.      Saran
Ada baiknya tidak hanya pemerintah yang turut ikut untuk mengembangkan daerah terpencil, kita sebagai seseorang yang memiliki akses lebih dibandingkan masyarakat daerah terpencil ikut membantu untuk mepromosikan dan memasarkannya.



DAFTAR PUSTAKA


Comments

Popular posts from this blog

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan

Algoritma Kuantum