MAKALAH: TIMBULNYA SIKAP ANTI SOSIAL REMAJA KARENA SMARTPHONE


MAKALAH
TIMBULNYA SIKAP ANTI SOSIAL REMAJA KARENA SMARTPHONE


Hasil gambar untuk logo gunadar 


KATA PENGANTAR
Puji Syukur kehadirat Allah S.W.T karena dengan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan makalah Ilmu Sosial Dasar yang berjudul “Timbulnya Sikap Anti Sosial Remaja Karena Smartphone” ini mendapatkan kemudahan dan kelancaran serta dapat diselesaikan pada waktunya.
Sangat disadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan penelitian ini banyak ditemukan kendala dan kesulitan. Namun berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, Alhamdulillah semuanya dapat teratasi dengan baik.



BAB 1
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Remaja merupakan masa peralihan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa, dimana dalam fase ini mereka masih perlu mengembangkan individu mereka masing-masing yang mencakup kematangan mental, emosional, sosial dan fisik.
Pada jaman perkembangan teknologi yang terjadi saat ini kerap kali remaja asik dengan smartphone mereka tanpa memperdulikan orang-orang disekitar mereka, hal ini dapat menimbulkan tumbuhnya sikap anti sosial di kalangan remaja. Sikap anti sosial ini pula merupakan awal dari timbulnya perilaku-perilaku menyimpang remaja jaman sekarang.
1.2       Rumusan Masalah
            1. Apa yang dimaksud remaja ?
2. Apa yang dimaksud anti sosial ?
            3. Apa yang dimaksud smartphone ?
            4. Dampak apa saja yang dapat ditimbulkan smartphone dalam kehidupan sosial remaja ?
1.3       Tujuan
Penulisan makalah ini untuk memecahkan solusi bagaimana cara agar smartphone digunakan sesuai dengan fungsi semestinya agar tidak terjadi penyimpangan anti sosial dikalangan remaja.



BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Pengertian Remaja
      Remaja merupakan masa peralihan antara masa kanak-kanak dan masa dewasa, dimana dalam fase ini mereka masih perlu mengembangkan individu mereka masing-masing. Masa peralihan anak-anak menuju dewasa yang mencakup kematangan mental, emosional, sosial dan fisik.
2.2       Pengertian Sikap Anti Sosial
Sikap antisosial adalah bentuk sikap seseorang yang secara sadar atau tidak sadar tidak dapat menyesuaikan diri dengan norma-norma dan nilai-nilai sosial dalam masyarakat.
Sikap antisosial merupakan sebab dan juga sebagai akibat terjadinya perilaku menyimpang, atau dapat dikatakan sikap antisosial merupakan produk-produk dari perilaku meyimpang.
2.2       Pengertian Smartphone
Smartphone adalah sebuah telepon genggam yang memiliki fitur atau kemampuan tingkat tinggi, sering kali dalam penggunaanya menyerupai komputer, sehingga banyak orang mengartikan smarphone sebagai komputer genggam yang memiliki fasilitas telepon.
2.3       Dampak Negatif yang Dapat Ditimbulkan Smartphone Bagi Kehidupan Sosial Remaja
Kurangnya interaksi sosial secara langsung merupakan dampak negatif yang dapat ditimbulkan smartphone dalam kehidupan sosial remaja, smartphone yang seharusnya dapat memberikan dampak positif dalam sarana berkomunikasi justru memberikan dampak buruk dikarenakan pemakaiannya yang tidak tepat guna.
 Pada saat berkumpul dengan teman yang seharusnya melakukan interaksi secara langsung, remaja asik sendiri dengan smartphone mereka untuk bermain sosial media dan game, hasilnya interaksi dengan teman-temannya pun berkurang. Dalam kehidupan bermasyarakat remaja kerap lebih sering berinteraksi dengan smartphonenya dibandingkan berinteraksi dengan masyarakat sekitar, hal ini lah yang dapat menimbulkan sikap anti sosial terjadi.
  


BAB III
PENUTUP
3.1        Kesimpulan
Dalam penggunaanya smartphone justru dapat memberikan dampak yang buruk dalam kehidupan sosial remaja, dikarenakan kurangnya interaksi secara langsung yang dapat menimbulkan sikapa anti sosial.
3.2       Saran
Ada baiknya remaja dalam menggunakan smartphone haruslah sesuai dengan fungsinya, mendekatkan yang jauh namun tidak menjauhkan yang dekat. Remaja juga harus sering berinteraksi dalam interaksi sosial secara langsung mengingat remaja merupakan masa peralihan anak-anak menuju dewasa yang mencakup kematangan mental, emosional, sosial dan fisik.


DAFTAR PUSTAKA

Comments

Popular posts from this blog

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan

Algoritma Kuantum