Tantangan Mahasiswa Menghadapi MEA


 MAKALAH: TANTANGAN MAHASISWA MENGHADAPI MEA



KATA PENGANTAR
Puji Syukur kehadirat Allah S.W.T karena dengan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan makalah Ilmu Sosial Dasar yang berjudul “Tantangan Mahasiswa Menghadapi MEA” ini mendapatkan kemudahan dan kelancaran serta dapat diselesaikan pada waktunya.
Sangat disadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan penelitian ini banyak ditemukan kendala dan kesulitan. Namun berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, Alhamdulillah semuanya dapat teratasi dengan baik.



BAB I
PENDAHULUAN
1.1              Latar Belakang Masalah
Pada jaman sekarang diindonesia sudah mulai masuk yang dinamakan dengan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Dengan masuknya MEA di Indonesia dapat memberikan pengaruh positif dan negatif bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia.

Dengan hadirnya MEA berdampak bagi sebagian masyarakat Indonesia yang sama sekali tidak mempunyai skill atau daya saing yang kuat, mereka tidak akan mampu bersaing di MEA. Maka dari itu masyarakat khususnya mahasiswa dituntut untuk memiliki skill yang sesuai dengan bidangnya.
1.2              Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud MEA ?
2.      Apa yang dimaksud mahasiswa ?
3.      Tatangan apa yang harus dihadapi remaja dalam menghadapi MEA ?
1.3              Tujuan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui langkah apa yang seharusnya dilakukan mahasiswa agar dapat bersaing dalam MEA (Masyarakat Ekonomi Asean).



BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Pengertian MEA
MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) merupakan realisasi pasar bebas di kawasan Asia Tenggara yang beruapa aliran bebas barang, jasa, dampak arus investasi, tenaga kerja terampil, dan dampak arus bebas modal.
MEA dapat memberikan dampak positif dan negatif bagi perekonomian sebuah negara, tergantung dari bagaimana SDM yang dimiliki oleh negara itu sendiri, mampukah bersaing di MEA atau tidak.
2.2       Pengertian Mahasiswa
Mahasiswa merupakan sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi dengan mengambil jurusan yang disenangi sekaligus jurusan yang didalamnya ada kemungkinan besar untuk mengembangkan bakatnya.
2.3       Tantangan Yang Harus Dihadapi Mahasiswa
MEA merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh mahasiswa sekarang, dimana mereka harus dapat bersaing didalamnya. Mahasiswa haruslah mempunyai skill sesuai bidangnya dan dituntut untuk memiliki daya saing yang tinggi.
Namun seringkali kita melihat banyak mahasiswa yang memilih jurusan tidak sesuai passion mereka. Hal ini mengakibatkan lulusan yang hanya memiliki skill dasar dari jurusan yang diambil dan tentunya dapat mempengharuhi kinerja mereka dalam melakukan pekerjaan. Beberapa hal yang harus dimiliki mahasiswa dalam menghadapi MEA :
1.      Kemampuan sesuai dengan bidangnya
2.      Berintelektual
3.      Memiliki etos kerja yang tinggi
4.      Berjiwa entrepreneur



BAB III
PENUTUP
3.1       Kesimpulan
MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) memiliki dampak positif dan negatif tergantung bagaimana kita menyikapinya, MEA bisa menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam dunia kerja.
3.2       Saran
Ada baiknya mahasiswa haruslah memiliki skill yang sesuai dengan bidangnya guna menciptakan lulusan yang handal, tidak anarkis, terampil dan siap pakai dalam lingkungan kerja agar dapat bersaing dalam MEA.

DAFTAR PUSTAKA

Comments

Popular posts from this blog

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan

Algoritma Kuantum