Perpecahan Bangsa Sebagai Akibat dari Kurangnya Toleransi antar Golongan Masyarakat


Perpecahan Bangsa Sebagai Akibat dari Kurangnya Toleransi antar Golongan Masyarakat


KATA PENGANTAR
Puji Syukur kehadirat Allah S.W.T karena dengan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan makalah Ilmu Sosial Dasar yang berjudul “Perpecahan Bangsa Sebagai Akibat dari Kurangnya Toleransi Antar Golongan Masyarakat” ini mendapatkan kemudahan dan kelancaran serta dapat diselesaikan pada waktunya.
Sangat disadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan penelitian ini banyak ditemukan kendala dan kesulitan. Namun berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, Alhamdulillah semuanya dapat teratasi dengan baik.



BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang Masalah
Toleransi sangat berpengaruh dalam kehidupan bangsa Indonesia. semua rakyat bersatu berasal ras, suku, dan agama yang berbeda dengan tujuan dan semangat yang sama untuk kemajuan bangsa Indonesia.
Akan tetapi, pada saat ini keadaan toleransi dalam kebhinekaan menjadi sangat buruk dan sedikit demi sedikit seperti menghilang dari kehidupan bangsa. Hilangnya toleransi dapat menghancurkan kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Hal ini disebabkan karena sedikitnya masyarakat yang mengerti tentang arti penting toleransi dalam kehidupan berbangsa.
1.2       Rumusan Masalah
            1. Apa yang dimaksud Toleransi ?
            2. Pentingnya Toleransi dalam kehidupan Berbangsa
3. Apa akibat dari kurangnya sikap toleransi dalam kehidupan berbangsa ?
            4. Bagaimana cara menumbuhkan sikap toleransi kepada masyarakat ?
1.3       Tujuan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui apa itu toleransi, bagaimana cara menumbuhkan sikap tersebut, dan betapa pentingnya sikap tersebut dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.




BAB II
PEMBAHASAN
2.1       Pengertian Toleransi
Toleransi adalah suatu sikap saling menghormati dan menghargai antarkelompok atau antarindividu dalam masyarakat atau dalam lingkup lainnya. Sikap toleransi menghidarkan terjadinya diskriminasi sekalipun banyak kelompok atau golongan yang berbeda dalam suatu kelompok masyarakat.
2.2       Pentingnya Toleransi dalam Kehidupan Berbangsa
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sangatlah penting adanya toleransi, terlebih lagi di Indonesia yang memiliki berbagai macam suku, ras, budaya, dan agama yang berbeda. Sikap toleransi inilah yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam masyarakat.
Dengan adanya toleransi juga dapat menyatukan perbedaan-perbedaan dalam masyarakat agar tidak menjadikan bangsa ini tercerai-berai, akan tetapi justru menjadi kemajemukan kehidupan sebagai suatu bangsa dan negara.
2.3       Akibat dari Kurangnya Sikap Toleransi dalam Kehidupan Berbangsa
Kurangnya sikap toleransi dapat menimbulkan banyak masalah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diantaranya adalah :
1.                  Perpecahan dan perselisihan antar golongan masyarakat.
2.                  Tidak dapat menghargai perbedaan
3.                  Munculnya rasa paling benar pada diri sendiri
4.                  Mengambat pembangunan nasional
2.4       Menumbuhkan Sikap Toleransi
            Sikap toleransi dapat ditumbuhkan dengan cara :
1.      Menghargai pendapat orang lain
2.      Menghormati kewajiban orang lain
3.      Menghargai perbedaan yang ada dalam lingkungan
4.      Saling menjaga sesama manusia




BAB III
PENUTUP
3.1       Kesimpulan
Sikap toleransi sangatlah diperlukan untuk mencegah terjadinya perpecah dan perselisihan dalam suatu negara. Dengan adanya toleransi juga dapat menumbuhkan sikap saling menghargai antar golongan atau kelompok masyarakat.
Toleransi sangat erat kaitannya dengan Bhinneka Tunggal Ika yaitu meskipun berbada suku, ras, dan budaya. Perbedaan tersebut dapat disatukan dengan adanya toleransi
3.2       Saran
Masyarakat haruslah tau arti penting dari sikap toleransi, serta menumbuhkan sikap toleransi sejak dini dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, agar tidak terjadi yang namanya perpecahan dan perselihan antar golongan dalam sebuah negara.


 DAFTAR PUSTAKA
           
            https://brainly.co.id/tugas/145902

Comments

Popular posts from this blog

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan

Algoritma Kuantum