MAKALAH: PENGANGGURAN



MAKALAH
PENGANGGURAN

 
 
Disusun Oleh : Dzikri Syafi Auliya


NPM : 51417855
Kelas : 1IA13


FAKULTAS TEKNOLOGI  INDUSTRI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2017


KATA PENGANTAR
Puji Syukur kehadirat Allah S.W.T karena dengan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan makalah Ilmu Budaya Dasar yang berjudul “Pengangguran” ini mendapatkan kemudahan dan kelancaran serta dapat diselesaikan pada waktunya.
Sangat disadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan penelitian ini banyak ditemukan kendala dan kesulitan. Namun berkat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, Alhamdulillah semuanya dapat teratasi dengan baik.


BAB I
PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang
Pengangguran merupakan masalah pokok yang sering terjadi dalam sebuah negara. Di negara yang masih berkembang seperti Indonesia pengangguran merupakan masalah yang sangat serius karena jumlahnya yang sangat banyak dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada.
Pengangguran menjadi cikal bakal terjadinya masalah ekonomi, dikarenakan dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang dan dapat mengakibatkan kemiskinan dan masalah-masalah sosisal lainnya.
1.2       Rumusan Masalah
1.      Apa itu pengangguran ?
2.      Apa yang menyebabkan pengangguran ?
3.      Apa solusi untuk mengatasi pengangguran ?
1.3       Tujuan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui apa itu pengangguran, penyebab apa yang dapat menyebabkan pengangguran, dan solusi apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengangguran.



BAB II
ISI
2.1       Pengertian Pengangguran
Pengangguran adalah istilah untuk orang yang tidak berkerja sama sekali, berkerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang mencari perkerjaan yang layak.
Pengangguran merupakan penyebab utama terjadinya permasalahan ekonomi, salah satunya adalah kemiskinan. Pengangguran yang berkepanjangan dapat menimbulkan efek psikologis yang buruk terhadap penganggur dan keluarganya. Tingkat pengangguran yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan kekacauan politik keamanan dan sosial yang berdampak pada pertumbuhan dan pembangunan ekonomi
2.2       Penyebab Pengangguran
Beberapa aspek yang dapat menimbulkan pengangguran :
-          Angkatan kerja yang terlalu tinggi
-          Lapangan perkerjaan dibawah jumlah angkatan kerja
-          Perkembangan ilmu teknologi yang menyebabkan tenaga manusia digantikan oleh mesin.
-          Tidak memiliki kemampuan khusus untuk berkerja
-          Kurangnya kreatifitas untuk melakukan wirausaha,
2.3       Solusi Untuk Mengatasi Pengangguran
            Terdapat beberapa cara untuk mengatasi pengangguran, yaitu sebagai berikut :
1.      Pengembangan sector informal seperti home industry.
2.      Pengembangan program transmigrasi untuk menyerap tenaga kerja di sector. agraris dan sector informal lainnya di wilayah tertentu.
3.      Perluasan kesempatan kerja. Melalui pembukaan industry pada wilayah yang mengalami pengangguran.
4.      Mengadakan pendidikan dan pelatihan yang bersifat praktis sehingga seseorang tidak harus menunggu kesempatan kerja, melainkan mengembangkan usaha sendiri yang tidak hanya dirinya saja memperoleh pekerjaan melainkan orang lain pun dapat merasakan dampak dari usaha tersebut.




BAB III
PENUTUP
3.1       Kesimpulan
Pengangguran merupakan masalah yang dapat memicu berbagai masalah didalam lingkungan masyarakat bahkan lebih besar seperti negara, karena pengangguran tidak hanya dapat menimbulkan masalah ekonomi tapi juga dapat menimbulkan permasalahan sosial dan politik.
3.2       Saran
Ada baiknya dalam mengatasi masalah pengangguran haruslah kita merubah pola pikir kita, dari yang hanya ingin dipekerjakan menjadi berpikir untuk memulai usaha dan membuka lapangan pekerjaan.

DAFTAR PUSTAKA
http://www.bukupedia.net/2016/09/solusi-atau-cara-mengatasi-pengangguran-dan-upaya-pemerintah-dalam-mengatasi-pengangguran.html

Comments

Popular posts from this blog

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan

Algoritma Kuantum