Pengantar Teknologi Game

Script


Script adalah semacam bahasa pemrograman namun dalam tingkatan kesulitan yang lebih rendah. Script biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih kompleks. Hasil dari script digunakan oleh bahasa pemrograman.Script juga dapat dikatakan sebagai kumpulan sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk di compile. Salah satu contoh penggunaan script adalah pada penyisipan script assembly ke dalam program pascal untuk mengakses hardware pada level bahasa tingkat rendah. Dalam pemrograman script memiliki banyak macam, berikut ini adalah macam-macam script tersebut.
  • PHP, PHP atau biasa disebut dengan personal home page biasa digunakan dalam mengembangkan sebuah website.  penggunaan script php dapat digabungkan dengan penulisan sintaks HTML namun dengan syarat, file yang digunakan berekstensi .php.
  • ASP, script ini biasanya digunakan dalam bahasa pemrograman C# atau pada VB.NET. ASP atau biasa disebut dengan active server page adalah sebuah script berbasis server page yang artinya seluruh proses aplikasi dijalankan di dalam server. ASP bisa dijadikan alternatif lain untuk menggembangkan sebuah website atau aplikasi.
  • JSP, JSP atau biasa disebut dengan java server page merupakan script yang biasa digunakan bahasa pemrograman java untuk mengembangkan sebuah website. JSP terpisah dengan penulisan client dan dikhususkan untuk penulisan fungsi sistem pada server sama seperti ASP.
  • Javascript, Javascript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan web. Bahasa pemrograman ini biasa digunakan untuk mengubah tampilan pada web agar menjadi lebih interaktif. Selain itu javascript juga biasanya digunakan oleh developer untuk membuat sebuah plugin game pada halaman web.

Storyboard

Storyboard adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dibuat. Storyboard dapat dikatakan juga sebagai visual script yang akan dijadikan outline dari seluruh proyek dengan menampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene.
Pada saat ini storyboard banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan websites dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, games, media pembelajaran interaktif dalam tahapan perancangan/desain.
Baru-baru ini istilah "storyboard" telah digunakan dibidang pengembangan web, perangkat lunak dan perancangan instruksi untuk mempresentasikan dan menjelaskan kejadi interaktif seperti suara, gerakan biasanya pada antarmuka pengguna, halaman elektronik.

Storyboard pada Game

Storyboard pada game sedikit berbeda dari storyboard animasi. Storyboard game terdapat goal/misson yang akan dibuat pada game itu sendiri. Storyboard pada game menjelaskan tentang alur permainannya seperti apa tergantung dari jenis game. misalkan game ber-genre arcade tidak memiliki alur cerita namun game tersebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi storyboard yang dibuat yaitu bagamaina pemain mendapat nilai/poin setinggi mungkin.

Storyboard pada Animasi

Storyboard pada animasi digunakan untuk menjaskan alur narasi dari sebuah cerita atau digunakan sebagai acuan agar animator tidak melenceng dalam membuat animasi. Pada dasarnya storyboard memiliki fungsi yang sama, namun berbeda hanyalah media yang diperuntukkan dari storyboard itu sendiri, seperti storyboard pada game atau storyboard pada iklan.


Fungsi Kecerdasan Buatan pada Terapan Pembuatan Game

Pada zaman ini seiring dengan perkembangan teknologi, penerapan kecerdasan buatan sudah merambah ke setiap bagian industri, salah satunya adalah penerapan pada industri game. Kecerdasan buatan sendiri adalah kecerdasan yang diciptakan dan dimasukan ke dalam suatu mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Dalam video game, kecerdasan buatan digunakan untuk membuat perilaku cerdas yang biasanya terletak pada non player character (NPC). Dengan diterapkannya teknologi kecerdasan buatan pada NPC maka game yang dimainkan akan jauh lebih interaktif. Salah satu game yang menerapkan kecerdasan buatan adalah pada game real time strategy seperti Dota 2, Warcraft, Mobile Legend, Vain Glory dan lain sebagainya. Pola permainan yang diciptakan oleh kecerdasan buatan akan menjadikan sebuah game lebih kompetitif dan memberikan banyak tantangan dalam permainan.

Comments

Popular posts from this blog

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan

Algoritma Kuantum