Pengantar Teknologi Game - Pertemuan 3

Elemen Game Engine


Pada game engine terdapat beberapa elemen diantaranya adalah:
  • Tools / Data, dalam pengembangan game, paling tidak dibutuhkan beberapa tools seperti 3d model editor, level editor dan graphics programs. Bahkan jika diperlukan, seringkali kita mengembangkan game engine tersebut dengan menambahkan beberapa code dan fitur yang diperlukan.
  • System, merupakan bagian dari game engine yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dengan hardware yang berada di dalam mesin. 
  • Console, dengan menambahkan console, kita dapat merubah setting game dan setting game engine di dalam game tanpa perlu melakukan restart pada game tersebut. Console sendiri lebih sering digunakan dalam proses debugging. Apabila game engine tersebut mengalami error kita tinggal mengoutputkan error message tersebut ke dalam console tanpa harus melakukan restart. console sendiri dapat dihidupkan dan dimatikan sesuai keinginan.
  • Support, merupakan bagian yang paling sering digunakan oleh system di dalam game engine. Support sendiri berisi rumus-rumus matematika yang biasa digunakan seperti: vector, matrix, memory manager, file loader merupakan dasar dari game engine dan hampir digunakan semua projek game engine.
  • Renderer / Engine Core, terdiri dari beberapa sub yaitu visibility, Collision Detection dan Response, Camera, Static Geometry, Dynamic Geometry, Particle Systems, Billboarding, Meshes, Skybox, Lighting, Fogging, Vertex Shading, dan Output.
  • Game Interface, merupakan layer diantara game engine dan game itu sendiri. Berfungsi sebagai control yang bertujuan untuk memberikan interface apabila di dalam game engine tersebut terdapat fungsi-fungsi yang bersifat dinamis sehingga memudahkan untuk mengembangkan game tersebut.
  • The Game, merupakan inti dari penggunaan game engine sendiri, sehingga user dapat mengembangkan game tersebut sesuai dengan yang diinginkan.

Mesin Game FPS

Mesin game fps merupakan mesin game yang khusus mensimulasikan lingkungan permainan video game penembak dari sudut pandang orang pertama.

Elemen Dalam Desain Antarmuka Game

  • Diegetic, merupakan perpaduan antara dunia fiksi dan geometris, dimana pemain dan avatar dapat saling berinteraksi melalui media visual, audio, ataupun haptic.
  • Meta, merupakan elemen pemanis yang sebenarnya penting. Seperti gambaran yang biasanya muncul saat memainkan game, namun tidak dapat divisualisasikan spatial untuk pemain.
  • Spatial, merupakan antarmuka yang biasanya digunakan dalam ruang permainan 3D dengan atau tanpa suatu entitas dari dunia permainan yang sebenarnya.
  • Non-Diagetic, merupakan antarmuka yang seolah-olah berasal dari luar permainan dan hanya terlihat ataupun terdengar oleh pemain yang ada di dunia nyata tanpa karakter dalam permainan itu sendiri.

Visibility

Merupakan suatu kondisi yang mampu memberikan informasi yang terjadi pada user baik yang sedang dilakukan, sedang dibagian apa dan apa yang terjadi.

Comments

Popular posts from this blog

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan

Algoritma Kuantum