Konsep Dasar Bisnis Informatika dan Prospek Bisnis di Bidang Teknologi Informasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi


Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dalam bahasa inggrisnya biasa dikenal Information Technology and Communication Tehcnology (ICT) merupakan segala kegiatan yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.

Gambar 1. Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pada zaman ini teknologi informasi dan komunikasi sudah sangat berkembang dan merambah ke berbagai bidang di dalam kehidupan masyarakat. Teknologi Informasi dan Komunikasi dipisahkan menjadi teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi digunakan untuk mengolah informasi. Contoh teknologi informasi adalah komputer. Sedangkan teknologi komunikasi digunakan untuk memindahkan atau mengirimkan informasi dari sumber ke penerima. Contoh teknologi komunikasi adalah telepon dan televisi.

Bisnis Informatika

Bisnis informatika merupakan suatu kegiatan yang dilakukan secara individu ataupun kelompok yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan bantuan dari teknologi informasi.

Berkembangnya bisnis informatika akhir-akhir ini mendorong para pebisnis untuk memanfaatkannya dengan beragam cara untuk memajukan usahanya. Perusahaan-perusahaan makin dipacu untuk menggunakan teknologi maju sebagi senjata untuk memenangkan persaingan dalam hal berbisnis.

Penggunaan internet pada saat ini juga menjadi sebab adanya persaingan secara global antara perusahaan satu dengan yang perusahaan lainnya. Dampak pada aspek persaingan adalah terbentuknya tingkat kompetisi yang semakin tajam. Globalisasi ekonomi juga membuat perubahan menjadi konstan, pesat, radikal, dan pervasif. Sehingga perusahaan harus memiliki kemampuan yang cepat untuk beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan para kompetitornya.

Jenis Bisnis Informatika

Banyaknya perusahaan yang menggunakan teknologi informasi dalam menggembangkan usahanya, menjadi sebab banyaknya jenis bisnis informatika yang ada pada saat ini. Berikut ini adalah jenis-jenis bisnis informatika:

1. E-Commerce
E-Commerce merupakan suatu usaha yang berkaitan dengan jual beli suatu barang dan jasa dengan bantuan internet, atau dengan kata lain menggunakan bantuan elektronik. Salah satu contoh E-Commerce adalah tokopedia.

2. Software House
Software house merupakan suatu persuhaan yang menyediakan jasa dalam melayani pemesanan, pembuatan software atau aplikasi yang sesuai dengan keinginan dari client. Salah satu contoh software house besar adalah Microsoft.

3. Penyedia Jasa Berita dan Infotainment Online
Bisnis ini merupakan bisnis yang menyediakan jasa berita secara online. Salah satunya adalah kapanlagi.com.

4. Penjualan Perangkat TIK
Bisnis ini merupakan bisnis yang berkaitan dengan penjualan suatu perangkat TIK. Salah satu contoh penjualan perangkat TIK adalah enterkomputer.com

 

Sumber

  1. URL: https://www.kompas.com/skola/read/2020/09/10/194000969/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik-dan-contohnya?page=all. diakses 9 Oktober 2020.
  2. URL: http://muhammadauliadesrinurrachman.blogspot.com/2013/10/tugas-3-jenis-bisnis-informatika.html. diakses 9 Oktober 2020.
  3. URL: http://andifajrii.blogspot.com/2017/10/pengertian-bisnis-tik-dan-bisnis.html. diakses 9 Oktober 2020.




Comments

Popular posts from this blog

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan

Algoritma Kuantum