Perkembangan Bisnis Informatika di Indonesia dan Dunia

Bisnis informatika dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan individu dan sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi yang berkaitan dengan teknologi informasi, baik teknologi komputer maupun teknologi telekomunikasi.

Gambar 1. Bisnis Informatika

Saat ini bisnis informatika di indonesia maupun dunia sudah berkembang sangat pesat, hal ini didukung dengan naiknya kebutuhan pada teknologi informasi, yang mana sekarang ini hampir semua kegiatan dan pekerjaan menggunakan bantuan teknologi informasi, begitu juga bisnis informatika.

Lewat bantuan teknologi informasi salah satunya internet, perusahaan dapat menjalankan bisnisnya secara e-commerce atau dengan software house, karena cukup dengan membuat situs web yang menarik perhatian, sosialisasi yang baik, maka konsumen akan datang dan keuntungan akan didapat. Para pebisnis sekarang juga dapat melakukan perdangan selama 24 jam tanpa mengenal batas ruang dan waktu.

Selain mengefisienkan waktu dan biaya, kemajuan teknologi informasi ini juga mempermudah dalam pembuatan laporan keuangan, menyimpan dokumen-dokumen perusahaan, mempermudah komunikasi, dan lain sebagainya. Teknologi informasi sangat dibutuhkan dan tidak dapat dipisahkan dari dunia bisnis, serta sudah menjadi bagian yang sangat penting dalam mengelola dan meningkatkan pelayanan. Selain itu bisnis dalam bidang informatika ini juga memiliki peluangan yang cukup baik dan menjanjikan ke depannya.

Ada 5 model bisnis teknologi informasi dan komunikasi, diantaranya adalah:
  1. Lisensi produk software (contohnya perusahaan pembuat perangkat lunak seperti Andal Software, Dycode, Oracle, dsb)
  2. Iklan (contohnya detik.com, google, dsb)
  3. Software sebagai layanan (contohnya Infsys Pushmail, Salesforce.com, dsb)
  4. Penjualan perangkat keras (contohnya Zyrex, Axioo, Apple, dsb)
  5. Penjualan jasa konsultasi, integrasi, perawatan, training dsb (contohnya Inixindo, Sigma, Redhat, dsb)

Perencanaan Bisnis

Berkembangnya teknologi informasi pada saat ini telah merambah ke berbagai bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan atau yang biasanya disebut dengan e-learning, dengan e-learning seseorang dapat belajar tanpa batasan waktu dan ruang. Hanya dengan terhubung dengan internet seseorang tersebut dapat mengakses materi pembelajaran sesuka hatinya. 

Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu peluang dalam mengembangkan bisnis di bidang teknologi informasi. Penulis sendiri kedepannya ingin membuat bisnis penyedia layanan kursus secara online, karena pada saat ini banyak dari kalangan pelajar seperti mahasiswa atau pekerja kantoran yang ingin belajar hal baru namun terbatas oleh waktu dan juga ruang. Karena pada umumnya kursus hanya menyediakan layanan secara offline dan perlu untuk datang langsung ke tempat penyedia kursus.

Pada saat ini banyak layanan penyedia kursus online diantaranya seperti:
  1. Udemy
  2. Ruangguru
  3. Zenius
  4. dan lain sebagainya

Walaupun begitu terkadang banyak diantara layanan penyedia kursus tersebut yang memberi harga yang cukup mahal dan kurang terjangkau untuk kalangan menengah kebawah, karena itu penulis memiliki rencanan untuk membuat sebuah bisnis layanan penyedia kursus secara online namun dengan harga yang terjangkau dan dapat dinikmati semua kalangan.

Comments

Popular posts from this blog

Pengembangan Rencana Bisnis Informatika ditinjau dari Aspek Pemasaran dan Keuangan

Algoritma Kuantum